Oleh: singgasanaku | Maret 30, 2009

Review iPOS 3.0 (Program Kasir / Program Toko / Program Penjualan dan Stok / POS )

iposiPOS 3.0 adalah software Point of  Sales, yang biasanya digunakan di toko atau mini market. Program ini pertama kali di launch pada September 2008. Dibuat dengan Ms Access dan VBA, dan dijalankan di atas OS Windows 98/XP/Vista, serta harus sudah terinstall Ms Access 2003/2007 atau run timenya saja. Developernya adalah Inspirasi yang berkantor pusat di Denpasar Bali.

Sampai saat review ini ditulis iPOS telah mengeluarkan update versi 3.0.4b. Developer software ini tergolong akomodatif, sehingga banyak masukan dari pemakai iPOS yang menjadi bahan untuk update. Setiap keluar update terbaru, pemakai dapat mengupdate iPOSnya dengan cara download, gratis.

iPOS dipasarkan menggunakan jaringan reseller dan toko buku, serta toko online, diantaranya adalah www.software-indonesia.net dan www.tutorialku.com serta simplebiz-id.com.

iPOS menyasar pengguna dari kalangan UMKM karena segmen ini sebenarnya sangat membutuhkan kemudahan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya. Kendala utamanya biasanya dalah harga software yang mahal. Oleh karena itu iPOS dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu :

– Rp 100.000 untuk 1 komputer

– Rp 150.000 untuk 2 komputer

– Rp 1.000.000 untuk banyak komputer

Meskipun murah, software ini diamankan dengan sistem aktivasi. Dengan demikian tidak mudah bagi para pembajak untuk menggunakan software ini secara ilegal. Sistem aktivasi ini akan mendeteksi windows dan motherboard dari PC yang digunakan. Jika PC atau Windowsnya berubah maka iPOS akan minta untuk aktivasi kembali.

iPOS sangat membantu manajemen stok dan penjualan untuk usaha perdagangan barang maupun jasa. Kita dapat mengecek stok sewaktu-waktu, melihat stok kritis, atau melihat omzet penjualan. Laporan Laba Rugi sederhana juga telah dapat ditampilkan oleh software sederhana ini. Selain itu, laporan berupa grafik juga sangat membentu pemakai untuk menganalisa penjualannya dari waktu ke waktu.

Untuk Perdagangan yang menggunakan tenaga sales, software ini juga menyediakan fitur untuk menghitung penjualan per sales, sekaligus menghitung komisinya.

Fitur lain adalah Hutang Piutang. Kita dapat melihat laporan tentang hutang dan piutang kita. Jika hutang/piutang telah jatuh tempo, iPOS menyediakan fasilitas pengingat (alert) yang dapat dienable atau disable. Histori pembayaran hutang / piutang juga ada dalam laporannya.

Untuk penjualan, iPOS memiliki modul Kasir dan Modul Penjualan. Bedanya, pada modul kasir kita tidak dapat menginput data pembeli, dan print outnya berupa struk berukuran 7,6cm. Sedangkan pada modul penjualan kita dapat menginput nama, alamat dan no. telepon pembeli. Print Outnya berupa kertas ukuran Letter atau 1/2 Letter. Modul kasir biasanya lebih cocok untuk toko retail. Sedangkan modul penjualan lebih cocok untuk usaha dagang yang memerlukan database pelanggan untuk kelangsungan hubungan dengan mereka.

Dari segi kestabilan, ciri khas software yang menggunakan database ms access memang akan menurun kestabilannya jika sudah memiliki banyak data. Hal ini karena database akan menggelembung manakala sudah memuat data yang banyak. Namun sejak update 3.0.3 release 2 hal terseut telah diantisipasi dengan menambahkan fasilitas compact & repair database. Menu ini akan secara otomatis mengecilkan dan memperbaiki database jika telah menggelembung atau ada kerusakan. Cara menjalankan menu ini hanya dengan mengeklik Menu “Kecilkan dan Perbaiki Database” lalu klik “Proses”. Jadi jika software terasa lamban atau ada error, jalankan menu ini.


Tanggapan

  1. […] Shoot Program Toko/Kasir iPOS 3.0 Pada tulisan sebelumnya saya membuat review secara umum tentang software iPOS 3.0.  Sedikit mengulang, software ipos […]

  2. […] PARTNER / AGEN PENJUALAN Rekan-rekan yang terhormat, software iPOS 3.0 telah terjual lebih dari 1000 copy sejak launchingnya pd September 2008 sampai dengan hari ini (16 […]

  3. saya mempunyai toko/warung sampai saat ini masih memakai program ipos 3.3 namun ada kendala di penjualan dimana saya tidak bisa menjual barang berdasarkan dus, kartos, pak, dan lain2. Kelemahan ipos 3.3 untuk warung saya adalah menentukan harga jual barang berdasarkan tingkatan barang yang dijual misal 1-5, 5-10, 10 – maksimal.
    Saya mempunyai gudang, beberapa outlet dan tiap outlet menerima barang dari gudang jadi stock gudang dengan stock outlet terpisah, bisakah stock gudang dengan stock outlet terpisah, namun dari segi penjualan barang dalam satu database

    • Utk harga bertingkat berdasarkan jumlah (quantity) item saat ini sudah bisa.
      Jika pada program yang bapak pakai belum ada, silakan update yang baru di http://www.tutorialku.com.

      Untuk fasilitas multi gudang (stok terpisah di lebih dari 1 tempat) memang saat ini belum bisa.


Tinggalkan komentar

Kategori